KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN WORDLESS PICTURE BOOK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DESKRIPTIF MAHASISWA SEMESTER 1 STBA JIA TAHUN 2020-2021
Keywords:
Kata kunci : menulis deskriptif, wordless picture booksAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) membuktikan apakah ada perbedaan kemampuan menulis deskriptif yang signifikan antara mahasiswa kelas basic writing yang mengikuti perkuliahan dengan menggunakan strategi pembelajaran wordless picture book dan yang mengikuti perkuliahan tanpa menggunakan strategi pembelajaran wordless picture book, (2) untuk membuktikan apakah strategi pembelajaran wordless picture book efektif dalam pembelajaran menulis deskriptif.Penelitian ini menggunakan desain quasi experiment (eksperimen semu). Penelitian ini dimulai dari bulan Oktober 2020 sampai dengan Agustus 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas basic writing kelas A dan B. penentuan sampel menggunakan teknik probability samping. Berdasarkan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik tersebut diperoleh 2 kelas yaitu kelas pagi A sebanyak 15 mahasiswa dan B sebanyak 15 mahasiswa . Kelas A sebagai kelas experiment dan kelas B sebagai kelas control.teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yaitu pre tes dan post tes menulis deskriptif. Instrument dalam penelitian ini adalah soal tes essay menulis deskriptif. Uji reabilitas dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknis analisis data menggunakan teknik Uji –t dengan memperhatikan normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara worldless Picture Book (variabel X) dan nilai keterampilan menulis deskriptif mahasiswa (variabel Y) dengan koefisien. Hasil dari rumus tes terkait, penulis menemukan bahwa pada Tobserved 7,519 ? 1,014 Ttabel, maka signifikansi. Itu menunjukkan bahwa bahasa worless picture book memberikan kontribusi tinggi untuk keterampilan menulis deskriptif.