PENGGUNAAN KARTU ROLE PLAY DALAM UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JEPANG

Authors

  • Ani Sunarni Sekolah Tinggi Bahasa Asing JIA
  • Rahayu Aprilianti Sekolah Tinggi Bahasa Asing JIA

Abstract

Keterampilan berbicara merupakan keterampilan berbahasa yang paling sering digunakan dalam komunikasi sehari-hari. Pengajaran keterampilan berbicara bahasa Jepang di STBA JIA pun dilakukan dengan pendekatan komunikasi, yaitu dengan metode role play. Instruksi role play diucapkan oleh dosen atau bebas sesuai ide mahasiswa dengan ketentuan sesuai dengan pokok bahasan pelajaran. Akan tetapi cara pengajaran ini belum mampu meningkatkan keterampilan berbicara para mahasiswa. Untuk itu peneliti bermaksud mengadakan perbaikan pengajaran dengan cara mengganti instruksi role play dari lisan menjadi menggunakan kartu role play. Perbaikan ini dilakukan dengan melaksanakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon dan bagaimana peningkatan keterampilan berbicara bahasa Jepang melalui penggunaan kartu role play sebagai media pembelajaran dan dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menggunakan instrument soal tes formatif dan soal angket. Berdasarkan hasil tes formatif, diketahui terdapat peningkatan pada nilai rata-rata kelas. Pada fase awal sebelum tindakan rata-rata kelas untuk keterampilan berbicara adalah 69.35 (kurang) , pada akhir siklus I meningkat menjadi 77 (cukup) , dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 80.7 (baik). Kemudian dari hasil angket diketahui bahwa 75% responden berpendapat bahwa penggunaan kartu role play dapat meningkatkan keterampilan berbicara mereka. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan kartu role play dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jepang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-04

How to Cite

Sunarni, A., & Aprilianti, R. (2020). PENGGUNAAN KARTU ROLE PLAY DALAM UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JEPANG. Ennichi, 1(2). Retrieved from http://ennichi.stba-jia.ac.id/index.php/ennichi/article/view/6

Issue

Section

Articles