INTERFERENSI BAHASA INDONESIA DALAM PENGGUNAAN PARTIKEL BAHASA JEPANG PADA KARANGAN MAHASISWA STBA JIA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui interferensi bahasa Indonesia dalam penggunaan pertikel pada kalimat bahasa Jepang, serta penyebab munculnya interferensi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan teknik analisis isi. Sumber data berupa teks wacana yang ada pada karangan mahasiswa bahasa Jepang tingkat dua (semester tiga) angkatan 2017 di STBA JIA Bekasi yang mengambil mata kuliah Shokyu Sakubun (mengarang). Data dari penelitian ini adalah kesalahan penggunaan partikel bahasa Jepang yang diambil dari kata atau kalimat berbahasa Jepang yang ditulis dengan struktur kalimat yang mengandung interferensi. Teori yang digunakan dalam penelitan ini adalah teori interferensi menurut Weinrich dan partikel bahasa Jepang menurut Chino. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa interferensi paling banyak terjadi pada penggunaan partikel bahasa Jepang yang mengandung makna adposisi ‘di’ dalam bahasa Indonesia. Kesalahan terjadi karena terbawanya sistem bahasa Indonesia ke dalam sistem bahasa Jepang pada kalimat, dan kurangnya kemampuan bahasa Jepang pada pembelajaran sehingga menyebabkan interferensi.
